Rabu, 18 Desember 2013

Sekaten 2013 : Keramaian dan Keindahan Cahaya

Komedi Putar di Sekaten
Sekaten merupakan pesta rakyat yang sangat merakyat. Dalam satu malam banyak pengunjung dari berbagi kalangan yang datang untuk menikmati suasana yang ada di sekaten. Kebanyakan foto yang saya ambil kali ini menggunakan teknik long exposure untuk mendapatkan cahaya warna-warni yang terekam lebih lama. Dengan begitu sisi lain dari sekaten dapat dinikmati oelh orang lain. Jika masih sore bayak sekali pengunjung yang berjubel untuk menikmati sekaten. Kita harus bersabar untuk menunggu momen yang pas untuk mengambil foto. Dalam banyak kejadian dalam pengambilan foto saya kurang sabar sehingga banyak foto yang kurang bagus ketika objek utama terhalang oleh pengunjung.
Suasana pedagang di sekaten
Pada foto di atas terlihat gerai pedagang yang menjajakan daganganya. Berbagai macam pedagang mulai dari makanan, pakaian, hingga mainan anak. Masih banyak hal yang belum saya eksplorasi di skaten ini. Diantaranya potrait human interest yang seharusnya bisa diabadika. Dengan beayaya yang relatif rendah kita dapat memperoleh moment-moment yang indah dan penuh nuansa kultural.
Wahana permainan yang menarik untuk dikunjungi

Salah satu pedagang di telah wahana permainan
Untuk mendapatkan suasana yang agak sepi dari pengunjung kita dapat menunggu hingga pukul 11 sampai 12 malam. Dengan menunggu kondisi yang relatif sepi kita dapat lebih leluasa untuk membentuk komposisi yang pas. Objek yang sangat banyak fotografer dituntut untuk menampilkan banyak kreasi dan fantasi (andre).
Wahana yang selalu ada ketika Sekaten

4 komentar: