Rabu, 18 Desember 2013

Panorama Jogja : Bukit Bintang, Yogyakarta

Tampak rumah-rumah berjajar dari bukit bintang
Sisi lain jogjakarta dapat dinikmati dengan cara yang berbeda namun sederhana. Dengan menuju ke jalan wonosari dan menaiki bukit kurang lebih 4 km kita dapat mememui bukit bintang. Bukit bintang merupakan tempat yang sederhana karena terlettak di pingir jalan. Di kawasan tersebut banyak sekali warung makan yang menyediakan berbagai macam menu. Sehingga sembari menikmati panorama jogja kita juga dapat memersan makanan yang ada.
Bangunan tampak dibangun untuk memudahkan pengunung menikmati panorama
Dalam memotret lokasi ini tidak banyak diperlukan teknik fotografi untuk menampilkan keindahan kota jogja. Lokasi ini sudah cukup indah untuk diabadikan. Namun, yang perlu ditekankan adalah pemaduan berbagai objek untuk disatukan dengan background kota jogja. Pada foto di atas terlihat bangunan di jadikan point of interest dari panorama kota jogja. Sehingga foto nampak tidak datar hanya menampilkan panorama yogyakarta.
Warna langin yang kuning akibat lampu di kota jogja
Eksplorasi bukit bintang tidak hanya dapat dilakukan pada pagi atau siang hari namun pada malam hari keindahan kota jogja semakin menarik dengan hiasan lampu-lampu. Dalam kondisi minim cahaya pada malam hari kita dapat menggunakan teknik long exposure dengan aperatur sekecil-kecilnya. Dengan begitu ranah fokus gambar dapat terekam lebih lebar. Ketika malam hari pengunjung bertambah sangat banyak. Hal tersebut dapat menjadi keuntungan sekaligus kerugian bagi fotografer. Dilokasi-lokasi tertentu kita akan terhalang oleh banyaknya pengunjung yang ikut menikmati panorama jogja. Namun kita dapat melibatkan mereka dalam foto kita. Sehingga foto lansecape dapat terkombinasi dengan situasi yang ada (andre). 

Pengunjung menikmati panorama jogja di rumah panggung

0 komentar:

Posting Komentar